Home / Statistik Persis Solo

Jumat, 6 Maret 2015 - 09:12 WIB

[Statistik] Persis Solo vs Persiba Bantul

Persis Solo vs Persiba Bantul

Persis Solo ditahan imbang oleh Persiba Bantul dengan skor 1-1 dalam pertadingan uji coba, Rabu (3/3) sore di Stadion Manahan. Gol persis Solo tercipta lewat kaki Indra Gunawan, sedangkan di kubu Bantul disumbang oleh Yanuar Ruspuspito. Ini adalah hasil seri di kandang beruntun yang diraih Persis Solo setelah di ujicoba terqakhir Persis Solo juga ditrahan imbang PSIS dengan skor sama 1-1.

Di pertandingan ini, Persis menurunkan 3 pemain seleksi mereka. Ada Roy yang berposisi bek tengah yang diduetkan dengan Liswanto dan dilengkapi Sandy dan Hendri di posisi full-back kanan kiri. Masuknya 3 pemain ini tentu membuat pelatih Aris Budi punya banyak pilihan untuk menguji kesiapan pemain lama untuk mengisi berbagai posisi. Termasuk Dedi Cahyono yang pada game ini dijadikan pemain sayap. Lazimnya Ia bermain ditengah bersama Diva Tarkas. Namun kali ini Ia harus rela digeser dan posisi idealnya digunakan untuk mencoba pemain seleksi Abdi Gusti dan Chaniago.

Bermain di sayap tak membuat Dedi canggung. Diawal babak, pemain lincah ini langsung membuat key pass. Lewat akselerasi dari sisi kiri pertahanan Persiba, Dedi melepaskan umpan silang cantik, namun sayang Indra Gunawan gagal memanfaatkannya dengan baik karena sundulannya dengan mudah diamankan oleh kiper Persiba, Andi. Dedi bergantian dengan Andrid mencoba menembus sisi sayap Bantul yang dijaga Dulsan dan Nopendi selalu gagal.

Persis diuntungkan dengan permainan keras Persiba. Di babak pertama sebanyak 10 pelanggaran dibuat tim asuhan Didik Listyantoro.Dari bola mati itu, Persis kerap membuat peluang. Chaniago yang menjadi eksekutor sempat 2 kali mengancam gawang Andi. di menit 34, tendangan bebasnya gagal ditangkap dengan sempurna oleh kiper Persiba, bola muntah lalu disambar Ferryanto, lantas Ia mengirim umpan ke mulut gawang Persiba dimana sudah berdiri bebas Indra Gunawan, tanpa kesalahan Indra menceploskan bola dan mebuat Persis unggul 1-0.

Baca Juga   [Statistik] Persis Solo vs PSIS, Lemah di Lini tengah

Persis mengasai jalannya babak pertama. Sejak menit awal Persis memang sudah menekan kubu Bantul. Ini berkat rajinnya kuartet Andrid, Chaniago, Dedi dan terutama Abdi Bogel dalam membangun serangan. Khusus di 5 menit awal, Persiba sudah melakukan 4 kali pelanggaran dan total 10 pelanggaran selama babak 1.

Sementara persiba hanya sesekali mengancam lewat penyerang lincah mereka, Sardjono. Pemain muda ini sempat beberapa kali merepotkan Hendri, namun beruntung cover yang dilakukan Liswanto cukup baik. Sedangkan Yanuar tak begitu bisa bermain bebas karena Roy yang ditugasi menjaga pergerakannya juga jarang melakukan kesalahan. Selebihnya mereka bertahan.

Ferryanto di pertandingan kali ini bermain cukup ciamik. Assist untuk gol Indra Gunawan memang dia yang ciptakan namun lebih dari itu, penampilannya selam 90 menit kemarin menunjukan kapasitasnya sebagai pemain andalan Persis Solo. Selama pertandingan, Ia merupakan pemain paling merepotkan bagi kubu Persiba, tercatat 5 kali Ferry dilanggar, terbanyak diantara pemain lain. Ia juga tak jarang turun menjemput bola bahkan sampai sepertiga lapangan sendiri ketika Bogel dan Chaniago telat naik sehabis membantu pertahanan. Belum begitu padunya Abdi dan Chaniago juga sukses diganti dengan peran Ferry.

El Tigre juga melakukan 20 kali passing selama pertandingan, 2 diantaranya adalah umpan kunci. Ini merupakan peningkatan signifikan jika dibandingkan dengan rataan passing Ferry di musim kemarin yang tidak lebih dari 1 digit per game. Jika Ia mampu mempertahankan performa ini, Persis akan sangat terbantu dan masalah musim lalu yakni tidak sambungnya lini tengah dan depan bisa teratasi. Dan bukan tidak mungkin Ferry akan mengalami musim terbaiknya tahun ini.

Baca Juga   [Statistik] Menilik Kekuatan Baru Persis Solo

Kini tinggal menanti tandem yang sepadan bagi Ferryanto. Persis harus mencari striker yang lebih tajam dari yang sudah ada. Indra Gunawan memang sementara ini sudah mencetak 3 gol di rangkaian ujicoba Persis, namun 2 gol diantaranya ketika melawan tim lokal.

Secara keseluruhan Persis memang menguasai pertandingan jika dilihat dari penguasan bola yang 55%-45% untuk Persis. 326 kali passing dilakukan Persis sedangkan Persiba hanya 249. Namun ternyata itu saja tidak cukup. Strategi Coach Aris yang tidak berubah banyak selama pertandingan juga membuat Persiba tetap mampu menjaga gawangnya hanya kebobolan 1 gol, beruntungnya lagi Persiba sempat memanfaatkan kelengahan pertahan saat Veri Rus yang baru masuk belum begitu tune-in dengan Liswanto.

Semoga sebelum kompetisi dimulai Coach Aris sudah menemukan racikan jitu untuk tim ini, dan sudah sepatutnya kita selalu ada dibelakang untuk mendukungnya.

Starting XI (4-4-2) Persis Solo – (Persiba Bantul) : Agung Prasetyo – Sandy, Liswanto, Roy (60’ Veri Rus), Hendri – Andrid (’72 Agung Budi), Abdi Gusti, Chaniago (Diva Tarkas), Dedi CP – Ferryanto, Indra Gunawan (71‘ Kito)

naskah oleh @PersisStats

Share :

Baca Juga

Statistik Persis Solo

[Statistik] Persis Solo vs Persijap, Minim Variasi Free Kick

Statistik Persis Solo

[Statistik] Strategi Persis Berujung Kemenangan Dramatis

Statistik Persis Solo

[Statistik] Penampilan Impresif Agung Prasetyo di Bawah Mistar

Statistik Persis Solo

[Statistik] Sukses Matikan Pola Serangan Tuan Rumah, Satu Poin Dibawa Pulang ke Solo

Statistik Persis Solo

[Statistik] Pemain Minim Determinasi, Liswanto Tampil Paling Konsisten

Statistik Persis Solo

[Review] PSGC Ciamis vs Persis Solo

Statistik Persis Solo

[Statistik] Hadapi PSIR, Persis Solo Berani Bermain Terbuka dan Disiplin

Statistik Persis Solo

[Statistik] Ditahan Imbang PPSM, Persis Solo Minim Determinasi