Home / Stadion Manahan

Kamis, 10 Juni 2010 - 20:04 WIB

Stadion Manahan, Menjadi Pusat Olah Raga Terlengkap di Kota Solo

Ada sebuah tempat yang seakan telah menjadi tempat ‘keramat’ bagi para pecinta sepak bola di kota Solo. Stadion Manahan, satu bangunan yang telah dijadikan sebagai tempat berkumpulnya para penggila bola di kota bengawan. Di tempat inilah para penggila bola yang menamakan dirinya sebagai Pasoepati, selalu berkumpul untuk memberikan dukungan secara langsung kepada tim kesayangannya yang tengah bertanding di dalam stadion. Sejak diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1998 lalu, kini stadion Manahan telah menapaki usianya yang ke-12 tahun.

Patung Ksatria Panahan, menjadi simbol kekokohan Stadion Manahan di kota Solo.

Bangunan besar bercat putih yang terletak di jalan Adi Sucipto tersebut, adalah salah satu bagian dari fasilitas yang terdapat di komplek Gelora Olah Raga Manahan. Nama Manahan sendiri diambil dari nama sebuah kelurahan yang berada di kecamatan Banjarsari, Surakarta.

Di kelurahan tersebut, stadion Manahan berdiri kokoh diantara bangunan sekitarnya yang telah terisi dengan perumahan, sekolah, tempat ibadah, ruang terbuka hijau dan jalan raya dengan deretan pohon cemara di pinggirnya.

Kompleks Gelora Manahan, adalah kompleks fasilitas olah raga yang cukup besar dan terlengkap di kota Solo.

Stadion Manahan Surakarta adalah persembahan dari yayasan Ibu Tien Soeharto. Pembangunannya dimulai sejak tahun 1989 dengan menggunakan luas areal lahan sebesar 170.000 m2 dan luas bangunan 33.300 m2. Butuh waktu 9 tahun lamanya untuk mengubah sebuah lahan kosong menjadi bangunan kokoh stadion Manahan. Dan tepat pada hari Sabtu tanggal 21 Februari 1998, akhirnya stadion Manahan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Soeharto. Dalam pengelolaan stadion Manahan, pemerintah kota Surakarta menyerahkannya kepada Yayasan Gelora Surakarta.

Stadion Manahan Surakarta merupakan salah satu stadion berstandar Internasional yang ada di Indonesia. Selain memiliki fasilitas tribun terbuka di sisi timur, selatan dan utara, stadion Manahan juga dilengkapi dengan tribun tertutup (VIP) di sisi tribun bagian barat, lengkap dengan kursi penonton. Kapasitas di tribun stadion Manahan mampu menampung jumlah penonton hingga mencapai 35.000 orang.

Fasilitas lain yang menjadi satu dengan bangunan stadion Manahan diantaranya track lintasan lari/atletik, lompat jauh, tenis meja, latihan yudo, latihan tarung drajat, ruang kesehatan, ruang sekretariat, ruang wartawan dan ruang konferensi pers. Sedangkan di komplek Gelora Manahan sendiri, fasilitas olah raga yang tersedia malah terbilang lebih lengkap dan beragam karena tersedia lapangan tenis, balap sepeda, bola voli, basket, bulu tangkis, ruang tenis meja, ruang bilyard, 3 buah lapangan sepak bola dan gedung olahraga (GOR).

Tribun Barat VIP Stadion Manahan, dilengkapi dengan kursi duduk yang memberikan kenyamanan tersendiri bagi para penikmat olah raga sepak bola di kota Solo.

Dilihat dari letak geografisnya, keberadaan Stadion Manahan di kota Solo terbilang sangat strategis. Berdiri megah di tengah-tengah pusat kota, berdekatan dengan bandar udara, perhotelan, jalan raya dan pusat perbelanjaan menjadikan Stadion Manahan sebagai salah satu tempat yang sangat representatif dalam menggelar event-event olah raga berskala nasional maupun internasional. (adjiwae.onengisme)

BERSAMBUNG ke Bagian 2 : Stadion Manahan, Menjadi Tempat Penyelenggara Event Olah Raga Berskala Nasional dan Internasional.


Warning: preg_split(): Unknown modifier 'p' in /home/pasoepat/public_html/wp-content/themes/Detak Terkini/functions.php on line 183

Share :

Baca Juga

Stadion Manahan

Silahkan Datang Sebanyak-banyaknya..

Stadion Manahan

Galeri Foto: Persis Solo melawan Cilegon United

Stadion Manahan

Stadion Manahan Dinyatakan Layak Oleh Tim Verifikasi PSSI

Stadion Manahan

[Galeri Foto] Persis Solo vs PPSM Magelang

Profil

Mengenal Sejarah Stadion Sriwedari dan Manahan Solo

Stadion Manahan

Manahan Terus Bersiap Jelang Final LDU

Stadion Manahan

SOLO BISA DICORET DARI VENUE PIALA DUNIA U-20 ANDAI ADA KERUSUHAN SUPORTER

Stadion Manahan

[Galeri Foto] Persis Solo melawan Persipur Purwodadi (putaran kedua)