Persis Solo Akhiri Turnamen Dengan Hasil Imbang

Persis Solo tidak mampu memenuhi ambisinya meraih tiga poin pada laga terakhirnya setelah ditahan imbang Persibas Banyumas 2-2 dalam pertandingan lanjutan Indonesia Soccer Championship B 2016 di Stadion Manahan Solo, Minggu (4/9) petang.

Pertandingan yang disaksikan sekitar 5.000 penonton ini berlangsung seru karena kedua tim mengeluarkan penampilan terbaik yang bisa menghibur masyarakat pencinta sepak bola.

Persis langsung menyerang ke pertahanan lawan sejak kick-off. Tuan menciptakan peluang pada menit kedua melalui sundulan pemain beknya Yudi Khoirudin, tetapi bola melenceng tipis di samping kanan gawang Persibas sehingga belum mengubah kedudukan tetap 0-0.

Persis justru kebobolan lebih dahulu menit ke-17 melalui tendangan keras kaki, Bilton Fernando sehingga mengubah kedudukan menjadi 0-1 untuk Persibas.

Unggul satu gol membuat Persibas lebih berani bermain terbuka untuk menekan pertahanan tim tuan rumah. Persibas sebelumnya memang banyak menumpuk pemain di belakang dan mengandalkan serangan balik cepat.

Persis yang ketinggalan atas Persibas tidak henti-hentinya melakukan tekanan, tetapi peluang yang didapat Dedi Cahyono, Tinton Suharto, dan Andrid Wibowo belum mampu menyamakan kedudukan. Skor 0-1 untuk keunggulan tim tamu bertahan hingga babak pertama usai.

Babak kedua Persis memasuki pemain striker Yanuar Ruspuspito dan menarik keluar Bayu Andra untuk mempertajam lini depan yang kesulitan menembus pertahanan Persibas.

Namun, Persis justru kebobolan lagi pada menit ke-56 melalui tendangan keras Ibrahim Ibnu Annas sehingga mengubah kedudukan menjadi 0-2.

Persis yang ketinggalan berupaya bangkit dengan meningkatkan tempo permainan untuk mengejar kekalahan. Pada menit ke-58 akhirnya mampu memperkecil ketertinggalan melalui tendangan Tinton Suharto. Dia menjebol gawang Persibas setelah memanfaatkan umpan silang Yanuar Ruspuspito.

Persis kembali mencetak gol kedua dan menyamakan kedudukan pada menit ke-86 melalui sundulan Yanuar setelah memanfaatkan tendangan sudut yang dilakukan oleh Agung Budi. Kedudukan pun menjadi imbang 2-2 dan bertahan sampai laga usai.

Pelatih Persibas Banyumas Gatot Bernowo mengatakan permainan antara Persis melawan Persibas berlangsung menark karena keduanya menampilkan permainan yang enak ditonton.

Namun, Persibas sayang sudah unggul dua gol karena kesalahan pemainnya dua gol balasan tuan rumah membuyarkan harapan untuk meraih tiga poin penuh di kandang lawan.

“Anak-anak sudah bermain bagus, tetapi karena mereka merasa sudah menang meremehkan lawan dan Persis bermain menekan mampu menyamakan kedudukan menadi 2-2,” kata Gatot.

Pelatih Persis Solo Widyantoro mengatakan pihaknya meminta maaf kepada masyarakat Solo belum mampu mengatakan tim kesayangannya bisa lolos ke babak 16 besar ISC.

“Kami memang sengaja babak pertama tidak menurunkan pemain striker, tetapi babak kedua tiga pemain depan diturunkan dan berhasil mampu menyamakan kedudukan,” katanya.

Dengan hasil imbang ini, Persis kini hanya mampu menduduki peringkat kelima dari tujuh tim yang ada di Grup 3. Posisi pertama ditempati PSCS Cilacap dan disusul PSGC Ciamis.(bs/pasnet)

Leave a Reply

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.