Home / PERSIS SOLO

Senin, 29 November 2010 - 00:27 WIB

LPI Terapkan Konsep Marquee Player

Edgar Davids bermain di stadion Manahan? Hal tersebut sangat mungkin terjadi. Pasalnya, Liga Primer Indonesia (LPI-red) akan menerapkan sistem marquee player pada kompetisinya. Apakah marquee player itu? marquee player adalah pemain bintang yang didatangkan dengan gaji di atas rata-rata dan dibiayai oleh sponsor. Pada prakteknya, marquee player dibagi menjadi dua macam.

Yang pertama, pemain asing yang berstatus bintang dan yang ke dua adalah pemain lokal yang merumput di liga-liga top eropa yang pulang kampung menjelang masa pensiun (gantung sepatu-red).

Edgar Davids akan didatangkan konsorsium LPI ke Indonesia

Konsep marquee player ini bertujuan untuk mendongkrak kualitas kompetisi agar semakin meningkat. Selain itu, konsep marquee player juga bertujuan untuk mendongkrak animo penonton dan menjadi daya tarik sponsor. Marquee player ini telah sukses dijalankan di Major League Soccer (MLS-red) dan A-League di Australia. Di MLS dan A-League, marquee player merupakan pemain top yang gajinya tidak masuk dalam aturan batasan gaji (salary cap-red). Konsep ini dibuat untuk menjadi penyeimbang aturan salary cap yang dicemaskan akan mengurangi daya tarik kompetisi karena klub tidak bisa mendatangkan pemain top.

Bagaimana dengan konsep marquee player yang digagas oleh LPI? Marquee player versi LPI ini bisa dikatakan mirip dengan apa yang telah dijalankan oleh MLS dan A-League. LPI pun tidak menolak jika dikatakan mencontek. Pada prakteknya nanti, LPI akan mendatangkan beberapa pemain top dunia dan menyebarnya ke beberapa klub anggota LPI yang mempunyai potensi untuk perkembangan sepak bolanya. Semua biaya untuk mendatangkan pemain-pemain top tersebut ditanggung oleh konsorsium LPI, termasuk gaji. Jadi klub anggota LPI tidak perlu takut karena semua biaya untuk mendatangkan marquee player sudah ditanggung oleh konsorsium.

Menurut salah satu penggagas berdirinya LPI Yan Moeis, ada empat nama pemain top yang hampir pasti didatangkan oleh konsorsium LPI. Mereka adalah Edgar Davids, Robbie Fowler, Diego Tristan dan Rigobert Song. “Davids merupakan satu diantara enam pemain yang akan didatangkan konsorsium. Kemungkinan pemain-pemain tersebut akan ditaruh di klub yang berdomisili di Jakarta, Malang, Medan dan Bali”, pungkas Yan Moeis. (BS/TI)

Share :

Baca Juga

PERSIS SOLO

Persis vs Persekap, Bermodal Kolaborasi Pemain Dengan Suporter

PERSIS SOLO

[Statistik] Kembali Cetak Gol, Ferryanto dan Robby Fajar Makin Akrab Dengan Gawang PPSM Magelang

PERSIS SOLO

PSIR Berhasil Kalahkan Persis Di Rembang

PERSIS SOLO

Meski Belum Deal, Pemain Tetap Serius Berlatih

PERSIS SOLO

Full Time: Persis Solo 2 – 2 PSIR Rembang

PERSIS SOLO

Kesit: Besok (13/10), Bang Jun Ke Solo

PERSIS SOLO

PERSIS SOLO VS PERSERANG, WAJIB MENANG SEBELUM PINDAH KANDANG

PERSIS SOLO

Definisi Klub Sepakbola Profesional