Ads

Ketika Cinta Terbentur Permusuhan Suporter

A’, abdi ridho jadi pacar aa’.. Abdi cinta sama aa’.. Aa’ jaga diri baik-baik di ibukota nya..!

Sepenggal kalimat dalam sms pacar saya di Bandung yang dikirim di sela-sela kesibukan saya sebagai pegawai negeri. Pacar saya asli orang sunda Bandung, sedangkan saya sendiri sudah tentu pembaca tahu, seorang cah Solo yang ngelembana di ibukota. Anak Solo yang mencintai sepakbola Solo dan Persis Solo. Wong Jowo Surokarto yang menisbatkan dirinya sebagai Pasoepati.

Hubungan saya dan pacar saya bisa dibilang langgeng meskipun dipisahkan oleh tiga jam perjalanan darat Bandung-Jakarta. Kami menjalani ini dengan penuh kasih sayang dan kepercayaan. Kami saling mengenal mulai dari pribadi, histori hingga hobi. Dia tahu saya adalah penggemar bola, main bola dan pendukung klub sepakbola. Dia tahu saya fanatik Pasoepati karena saya selalu cerita mengenai pengalaman saya mencintai klub Persis Solo sejak kecil.

Namun, dalam beberapa episode, dia terkadang menyembunyikan sikapnya. Ada beberapa rahasia dalam hatinya yang tidak dia ungkapkan kepada saya. Saya sebenarnya tahu bahwa dia pura-pura suka dengan makan sate kambing padahal dia dari dulu tidak pernah mau makan makanan berkolesterol tinggi itu. Saya juga tahu perasaannya yang “memaksa” nonton di bioskop meskipun dia tidak pobia kegelapan bioskop. Ketika saya bertanya mengenai hal itu, akhirnya dia jujur bahwa dia hanya ingin mencoba untuk selalu bersama. Tidak ingin lepas dengan saya.

Segala hal di atas memang tidak membuat saya terkejut karena itu hal adalah biasa yang menjadi warna suatu hubungan. Tetapi alangkah terkejutnya saya tatkala melihat dia menyimpan kaos, atribut dan merchandise klub Persib Bandung tersusun rapi di dalam lemarinya yang tidak sengaja saya buka. Damn! Itu adalah batin kejut saya tiba-tiba pasca melihatnya. Kejadian ini tanpa sepengetahuannya yang kebetulan sedang menyeduh kopi di dapur. Saya buru-buru menutup pintu lemari itu dan kemudian saya berekspresi seperti biasa. Dia datang dan kemudian kami bersama mengobrol mengenai masa depan kita tanpa menyinggung sedikitpun peristiwa yang barusan saya alami.

Sampai disitu, saya balik ke Jakarta dengan penuh kecemasan, kegundahan dan penyesalan. Saya tidak tahu kenapa perasaan buruk ini terjadi begitu cepat. Saya dalam mobil yang berjalan selalu memandangi stiker-stiker Pasoepati yang tertempal kuat di kaca mobil. Mata saya berkaca-kaca karena saya begitu mencintai seseorang yang secara umum saya benci. Dia rela menanggalkan segala atribut kesukaannya untuk saya. Sesampai saya di kamar kos, saya ambil sepuntung rokok dan menyalakannya. Bull.. asap mengepul dan saya tarik nafas dalam-dalam. Saya pandangi foto pacar saya ini berulang kali. Foto kami berdua dalam aura percintaan nan sejati. Dia terlalu baik bagiku. Dia manis, cantik, sangat patut untuk menjadi pendamping hidup saya selamanya.

Malam itu saya berada dalam persimpangan. Pacar saya adalah anggota Viking Bandung yang fanatik. Pacar saya adalah anggota kelompok supporter yang melempari kereta saya ketika melintas pulang kampung ke Solo. Pacar saya yang sangat saya sayangi terlalu sayang untuk ditinggalkan. Kemudian saya ambil air wudlu dan berdoa. Berdoa kenapa sejarah menciptakan kata “benci” antara Viking dan Pasoepati. Kenapa sejarah berkata saya diharuskan untuk antipati kepada pendukung klub sepakbola Persib Bandung. Kenapa sejarah membuat kami pencinta sepakbola harus baku hantam karena kefanatikan sempit. Solo dan Bandung adalah kota bersejarah. Persis dan Persib adalah klub bersejarah. Pasoepati dan Viking adalah supporter bersejarah. Dan pacar saya dan saya adalah dua insan bersejarah.

Kini, karena saya tidak akan melepaskan kaos Pasoepati di tubuh saya, apakah saya harus melepaskan cincin persatuan cinta pacar saya? Cinta yang telah terajut beberapa tahun, cinta yang sudah mengakar dalam hati dan sanubari, cinta yang sudah berhegemoni dengan suka dan duka. Cinta yang saya selalu harapkan untuk abadi. Apakah fanatisme kepada klub kesayangan harus mengalahkan kasih sayang seorang kekasih?

Dalam renungan saya malam itu bahwa selama ini, dia menahan segala emosi kemenangan Persib Bandung di Stadion Siliwangi, dia rela tidak menonton ke sana karena takut ketahuan saya. Selama ini, dia membuat saya selalu tersenyum, bahkan dia pun tersenyum melihat kemenangan yang diraih Persis Solo.

Tut, tut… Handphone saya berbunyi. Ada sms masuk dan darinya.

A’a, sudah sampai rumah kan? Jangan lupa makan yaa.. Met Istirahat Aa’.. Love You Always..”

* Artikel kiriman Muh. Aris Budi Yadi, seorang Pasoepati Jakarta yang berharap persaudaraan terjalin antara Pasoepati dan Viking.

Kita memang berbeda warna, tapi kita satu suporter Indonesia. Hentikan permusuhan suporter sekarang juga. Ciptakan kedamaian antar suporter, dimulai dari kota Solo. Aku, kamu dan mereka adalah sama. Kita bersaudara!

Berbagi Itu Indah

Berbagilah informasi yang kamu dapat dari artikel ini kepada teman-teman terdekat. Cukup klik saja sosial media kesukaanmu di sebelah ini

124 Responses

Add Comment
  1. FM
    29th Dec 2013 @ 9:55 am

    Waah jadi ke ingetan sama melan baca artikel ini :’-)

    Reply!
  2. raden anom
    20th Feb 2012 @ 5:15 pm

    Gak apa2.. namanya jg cinta toh!!
    mirip2 ama film yg diharamkan di negri jawa barat jg gak ada hubungannya kok, mungkin ini lah kisah nyata yang asli, gak koyo film itu yang busuknya koyo yahudi, menghina dan mendeskriditkan suku Sunda yang ramah & berbudaya seperti Jawi – solo.
    pepatah mengatakan: ‘Derita cinta pasti ada akhirnya”
    Solo – Bandung perpaduan yang bagus kalo jadi jodoh..
    Beautiful culture..
    Beautiful life..

    Reply!
  3. redlabel
    19th Jun 2010 @ 11:22 am

    MARI KITA BUDAYAKAN,…..

    Reply!
  4. punakawan
    18th Jun 2010 @ 9:52 pm

    damai itu piss……….:p

    Reply!
  5. Mbogdhe...
    18th Jun 2010 @ 9:08 pm

    Hey pasoepati,, hey srikandi,,
    \m/

    Reply!
  6. calon investor tunggal PERSIS SOLO
    18th Jun 2010 @ 8:45 pm

    suatu saat insyaalloh permusuhan itu akan hilang,,,krn permusuhan yg abadi d bumi ini hanya antara org MUSLIM dg YAHUDI,,,,,,,,

    persis solo tak dongakke juara ISL 5 tahun lg,,,,,,,,amien

    Reply!
  7. red_boys
    18th Jun 2010 @ 8:34 pm

    kancaku yo enek sing bojone cah viker ladys..

    Reply!
  8. 18th Jun 2010 @ 8:08 pm

    Titip coment wae. Anti anarki dn provokasi buktikan itu.

    Reply!
  9. 18th Jun 2010 @ 7:32 pm

    Dimana kau berada kami slalu ad krna kami solomania..info tok ae persis jr 2 – persiharjo 1.. =))

    Reply!
  10. cah kebakkramat
    18th Jun 2010 @ 5:25 pm

    digawe pilem koyo thejack viking apik ketok’e..tapi sing maen lunamaya wae…

    Reply!
  11. Ega
    18th Jun 2010 @ 4:41 pm

    Jos :o)

    Reply!
  12. Doekoen boemi
    18th Jun 2010 @ 4:10 pm

    saya sendiri sebagai pecinta persis solo malu sendiri manakala melihat temen2 pasoepati berbuat anarki, tidak sesuai dengan gaung yang di teriakkan kita semua..CINTA DAMAI DAN ANTI ANARKI…
    MAMPUKAN KITA MENGENDALIKAN DIRI KITA SENDIRI…?????
    KALO TIDAK JANGAN BICARA PASOEPATI KARENA AKAN MEMBUAT MALU PASOEPATI SENDIRI….
    BISAKAH KITA MENYADARKAN AKNUM2 DARI SEBAGIAN KITA SENDIRI AGAR PASOEPATI BERSIH DARI ANARKI..????

    lanjutkan cintamu nda…..buat semua suporter yang anarki terbelalak matanya melihat kisah kalian…

    Reply!
  13. Joent terus memerah
    18th Jun 2010 @ 4:09 pm

    @???:Wkwkwkwk…jg santai ae bos kayak dpntai podo abange pasoepati te2p piss!
    Update persis jr gmn nih?

    Reply!
  14. ventura
    18th Jun 2010 @ 3:39 pm

    Yen nganti suk suporter indonesia iseh saling handang – saling serang, aku yakin masing2 suporter indonesia mempunyai korwil khusus, antara lain :
    AREMANIA korwil rel sepur
    THE JAKMANIA korwil rel sepur
    BONEKMANIA korwil rel sepur
    VIKING korwil rel sepur
    SLEMANIA korwil rel sepur
    PASOEPATI korwil rel sepur
    BRAJAMUSTI korwil rel sepur
    DELTAMANIA korwil rel sepur
    BOROMANIA korwil rel sepur
    LANUS korwil rel sepur
    THE MACZMAN korwil rel sepur
    PERSIPURAMANIA korwil rel sepur
    NJ MANIA korwil rel sepur
    PELITAZER korwil rel sepur
    SNEX korwil rel sepur
    PANSER BIRU korwil rel sepur
    BANASPATI korwil rel sepur
    DJETMAN korwil rel sepur
    KAMPAK korwil rel sepur
    SINGAMANIA korwil rel sepur
    SIMANIS korwil rel sepur
    BALISTIK korwil rel sepur
    Dan Suporter Lain2 korwil rel sepur… :))

    Reply!
  15. 18th Jun 2010 @ 3:36 pm

    Di awali dari Solo dan sekitarnya….

    Reply!
  16. 18th Jun 2010 @ 3:31 pm

    Woyo2 joss

    Reply!
  17. rian punkshter pasoepati
    18th Jun 2010 @ 2:45 pm

    semoga aja kita bisa belajar dari artikel diatas,,,,, semoga soeporter indonesia bisa damai…. gag ada rasis & anarkisme lagie…. amien…..

    Reply!
  18. Fany Tertib Lalulintas
    18th Jun 2010 @ 2:38 pm

    Ksatria sejati adlh mereka yg mau merangkul musuh2na.Sebenarna ego & gengsi qt lah yg memecah belah.Qt emg beda warna tp tetap 1 bendera yaitu MERAH PUTIH.Mari tmn qt rangkul “musuh2” qt,damai itu indah.Ayo qt tunjukkan bhwa Pasoepati senantiasa menyebarkan virus2 cinta ke seluruh supporter di Indonesia.Hilangkan ego & gengsi.Qt bisa kawan,krn qt adalah KSATRIA SEJATI..

    Reply!
  19. Narnox
    18th Jun 2010 @ 2:28 pm

    SaETama.. Saetama.. Pasoepati Loyalitaz yg tk trtandingi..

    Reply!
  20. Handi PASOEPATI Surabaya
    18th Jun 2010 @ 2:26 pm

    Huaghhhhem nguantuk bgt!

    Reply!
  21. 18th Jun 2010 @ 2:07 pm

    Wkwkwkwkwk.. Dikandani malah mutung.. =))

    Diwoco sing jelas to kui mas.. Makane dadi priyayi kui sing jembar atine, ora gampang nesu sak kancane.. Maksudku kuikan jelas? Toleransi+hormat menghormati sesama Paseoepati, mbuh kui artikele, komentare lan sak kabehe.. yen ora awae dewe sopo meneh? 🙂

    Yo sepurane kagem Pasoepati Medan+Joen yen ora dadi karepe soal komentarku.. Niat baik memang tak selalu ditanggapi baik.. 🙂

    SAETAMA !!! \m/

    Reply!
  22. pasoepati adjja
    18th Jun 2010 @ 1:45 pm

    bal2an to bal2an suporter ya suporter kejadian nyata ya kjadian nyata….msak yg nmanya cinta apa pun harus di bantai!suporter laen crita….dwasalah bro!!qta hrus ttp benci 3suporter biru biru hijau!!

    Reply!
  23. tri
    18th Jun 2010 @ 1:10 pm

    maju trs pantat mundur boz,cinta,ksih sayang tidak mengenal t anak mna,sporter mana,bleh qt benci m sporter laen tp lau cinta,sayang ga pengaruh m sporter,yg pntg intinya yakin,prcya,ok bro?salam edan tpi mapan dr pasoepati tangerang

    Reply!
  24. wong solo
    18th Jun 2010 @ 12:35 pm

    hidup memang penuh liku-liku………

    Reply!
  25. _"ARMADA"_ 1923 PASOEPATI
    18th Jun 2010 @ 12:32 pm

    NEK PANCEN NGAKU PASOEPATI SEJATI. . .
    ” AYO NANTI SORE KITA DATANG MERAHKAN SRIWEDARI”
    eh ojo Lali cwek’e di ajak.. Xixixi 😉

    PASOEPATI FOREVER :-q

    Reply!
  26. cr17
    18th Jun 2010 @ 12:17 pm

    kalo msh pngn musuhan trs silahkan itu hak jenengn2 smua tpi ap kita mau begini trs, ap pantas ki berslogan pasoepati anti anarki.

    skrng kita ciptakan sepakbola yg modern dan berkelas. skrng kita musuhan trs siapa yg mau dukung indonesia smua hny mementingkan jiwa kedaerahany.

    hrsny kt saling menyadari kekurangan masing2 dan memaapkannya wong realistis aj kadang oknum kt jga da yg anarki g da bdanya dgn mrk.

    cba dibyngkan seumpama pasoepati bs damai ma bonjovi, pasti seindonesia akn salut ma pasoepati.

    Reply!
  27. 18th Jun 2010 @ 12:00 pm

    Koment pisan we d seneni karo admin e…
    Yowes ra koment wae lah ndag d seneni admin e.
    Mw ngasih masukan malah d seneni.
    Cukup menyimak wae lah !
    JAYALAH PERSIS SOLO qu !!
    JAYALAH PASOEPATI qu !!
    I LUUPH U FULL PERSIS SOLO n PASOEPATI !!

    Reply!
  28. 18th Jun 2010 @ 11:53 am

    Aq seneng bal tp ra seneng tinju . Mesti do seneng tinju yo:-? Msok sitek2 gelot apa kata dunia

    Reply!
  29. Joent terus memerah
    18th Jun 2010 @ 11:44 am

    Wuadew…commentq disalah artikan ki…yagh pesan n mksdnya ga trsampaikan nih???

    Reply!
  30. 18th Jun 2010 @ 11:29 am

    SALAM PASOEPATI

    waktu ne jum’at an

    Reply!
  31. Solo
    18th Jun 2010 @ 11:08 am

    Pasoepati skrng dh g kya dLu Lagi, pasoepati skrng d.rsak oLeh anggota’a sendiri yg mementingkan dri sendri, pasoepati hrz ew nonbLok g sLing memihak, pasoepati dLu bgtu sopan santun mdah d.ajax damai, pdhaL pasoepati sring d.sbut” penyebar virus perdamaian, tpi mnurutku pasoepati dh g pntes d.sbut” pnyebar virus perdamaian, sya mohon kpda gnerasi” muda pasoepati kembali pasoepati seprti dLu Lagi, kaLau anda bner” pasoepati sejati kmbLi pasoepati yg dLu yg tdak anarkis, mudah paseduluran, mudah 5afkan, ayo qta mulai dari solo untuk indonesia

    Reply!
  32. 18th Jun 2010 @ 11:07 am

    Nek ora seneng karo sing jenenge bon3k,vik1ng,BM opo liyane yo mbok wis rasah dibahas ning kene . . Nek pengen web e iki isine mung pasoepati n persis solo,yo ojo koment sing liya2ne..
    Artikel e ora bahas BonJoVi,isi comment2 e yo malah bahas kui..
    Ojo mneh misal e enek artikel sing bahas kui,,nak iso2 comment e mung pisuh2an thok..

    Mbok wis,nek ora seneng yo ora seneng…ojo ngajak wong liyo sing ra mudeng opo2 kon melu2 ora seneng…

    Reply!
  33. 18th Jun 2010 @ 10:18 am

    Damai Itu Indah =(( Indah Itu Cantik 😀 kesimpulane Indah Aku Padamu =))

    Reply!
  34. Fahhmii
    18th Jun 2010 @ 10:09 am

    Bener wi ayo mengko sore ndukung persis junior, yg merasa pasoepati sejati nanti sore hrus datang ke stadion, kita buktikan loyalitas pasoepati buat persis solo . .

    Reply!
  35. 18th Jun 2010 @ 10:00 am

    Sing gawe artikel ki yo nganggo mikir mas, yen ra sependapat wes rasah mencela.. Kui sing gawe yo wong pasoepati, dudu wonh liyo.. Ayo dihormati ojo dicaci.. Web iki fleksibel, bukan hanya fanatik kepada berita2 Persis Solo dan Pasoepati aja.. Cerita/pengalaman seorang Pasoepatipun bila memang layak ditampilkan ya gak masalah.. Makane daripada ribut, yang punya uneg2 buruan nulis artikel trus dikirim ke pasoepati.net@gmail.com 🙂

    Reply!
  36. 18th Jun 2010 @ 9:45 am

    damaì itu indaH.

    Reply!
  37. 18th Jun 2010 @ 9:00 am

    Boboth@ ra melu partai2 nan marai opo to 😛

    Reply!
  38. Joent terus memerah
    18th Jun 2010 @ 8:57 am

    ARTIKEL GA ‘RELEFAN’, U/ SAAT INI MENDINGAN DIPILIH ARTIKEL2 YG BERKAITAN DG KEADAAN PERSIS SAAT INI KRN SAYA YAKIN DG BRTA2 TSB AKAN MENGGUGAH TMN PASOEPATI N PENGGILA BOLA SE SOLORAYA U/ SAMA2 BERTUKAR PIKIRAN DEMI KELANGSUNGAN HIDUP PERSIS SOLO…thx mf klu komenq krng brkenan.

    Reply!
  39. 18th Jun 2010 @ 8:56 am

    Dayax : lha kaos opo? enek kaos kui ogh………..

    Reply!
  40. 18th Jun 2010 @ 8:46 am

    Boboth@ kaos partai gah aq. =))

    Reply!
  41. 18th Jun 2010 @ 8:29 am

    wes ra usah misuh2 ng web….
    sok nek ktmu ng jalan pruk ae wes beres…..

    Reply!
  42. 18th Jun 2010 @ 8:20 am

    nek bgku viking tetep asu.,ra pdli cwe po cwo.,soale aq prnh dw penglamn ra enak ro vik*ing.,di htku mung enek”pasoepati..pasoepati.,persis solo saklawase,ra pdli aq glek dwt ng bumi vik*ing.,tetep anti bonjoVI

    Reply!
  43. 18th Jun 2010 @ 8:10 am

    nonton entuk hadiah kaos ki ngko xixixixxi…..

    Reply!
  44. CAH GEMBLUNG
    18th Jun 2010 @ 7:59 am

    SUDAH SAATNYA KITA HENTIKAN SEGALA PERMUSUHAN ANTAR SUPORTER KARENA HAL ITU NANTINYA AKAN MEREMBET KE PERMUSUHAN ANTAR SUKU & DAERAH. JAYALAH PASOEPATI … JAYALAH SUPORTER INDONESIA …

    Reply!
  45. 18th Jun 2010 @ 7:17 am

    Ngko sore latian nyanyi lagu anyar yo,q kirim lagu mugo2 dinyanyekne 😀

    Reply!
  46. 18th Jun 2010 @ 7:15 am

    Bangun tidur webe jeg swepi

    Reply!
  47. 18th Jun 2010 @ 7:11 am

    wah critne meh pdo romeo&juliet..tp romeo ne dì gnti pasoepati…tp artikel dì atas sangat bagus..mari kta jalin persaudaran antar supporter.

    Reply!
  48. bafana bafana
    18th Jun 2010 @ 6:25 am

    ayo mas nanti sore memerahkan std sriwedari jam 3 sore, dukung persis junior nanti mau tnding lanjtan suratin, nanti sore prtndgan yg paling menentukan. .ayo dukung bareng2. .pasoepati dukung semua persis solo entah senior ato junior. .pasoepati datang yg bnyak. .bila nanti sore persis menang mjd tim pertama yg lolos dan tak terkalahkan di kandang ato tandang.

    Reply!
  49. 18th Jun 2010 @ 5:13 am

    Walah2 tok do ngrembug e pcre dwe2 to,lha aku sing duwe cewek anggota bonita,brajamolek,karo vikinge meneng ae kok 😀 hahahaha ngimpiiiii =)) guyup rukun adem ayem dadi tentrem.tp nek tentrem kuwi tanggaku 😀 pasoepati ki pancen joss..maklum nek enek sing ra seneng musuhan enek sing ttp musuhan.it hak msg2 yg ptg ttp qt pasoepati cinta damai ok.

    Reply!
  50. 18th Jun 2010 @ 4:58 am

    waaaahhhhhhhhh………….
    siiiiiiipppppppp bangeeetttt………..

    Reply!
  51. 18th Jun 2010 @ 3:31 am

    Bobok seg . Raenek kancane kie.

    Reply!
  52. 18th Jun 2010 @ 3:30 am

    Mexico bungkam prancis. Kok webe sepi 😕

    Reply!
  53. 18th Jun 2010 @ 3:08 am

    aku PASOEPATI dan aku “tidak benci” VIKING atopun hijau etan dan biru kidul..
    aku hanya tidak suka sebagian darinya..
    kembali lagi ku tuliskan sepenggal kalimat dari artikel terdahulu..
    “walaupun kita beda warna..sejatinya kita satu bendera..” :iloveindonesia :iloveindonesia

    Reply!
  54. 18th Jun 2010 @ 2:09 am

    Loyalitas itu buta,buta itu cakil,cakil itu helm . Kesimpulan loyalitas itu helm =))

    Reply!
  55. 18th Jun 2010 @ 2:07 am

    Lilik@ra kreatip kw sam msok cument q mbok klaim.

    Reply!
  56. 18th Jun 2010 @ 2:03 am

    Artikel yg aneh…. !!!
    Jane bahaz tntang pasoepati pow cinta t0w kie ??!
    Huuuft….. !!!
    Artikel tu mb0g ya 100% bahaz pasoepati atw persis solo t0x jgn yg laen !!

    B0NJOVI tu dr dlu emg a.n.j.i.n.g !!!

    D hati ku cm ada 1 nm
    PASOEPATI !!!

    Reply!
  57. 18th Jun 2010 @ 1:57 am

    ra kuat melek…………………..

    Reply!
  58. 18th Jun 2010 @ 1:50 am

    NO RASIS…………

    Reply!
  59. AduL red dEvieL
    18th Jun 2010 @ 1:49 am

    Semangatmu trs maju pntang nyerah pntang mundur..

    Reply!
  60. 18th Jun 2010 @ 1:45 am

    marilah QT smua damai,,,,kasihan anak cucu Qt kelak!!!

    mereka tdak tau sbab yg membuat permusuhan ini….

    hdup 1 negara,sma2 INDONESIA tp suporternya pda bermusuhan!!!!!!!

    “pasoepati di hati”

    Reply!
  61. h. kurniawan
    18th Jun 2010 @ 1:32 am

    ARTIKELE ….ISI NE CERPEN

    Reply!
  62. 18th Jun 2010 @ 1:29 am

    Persis rung onok kabar to pak ngadmin? thinking

    Reply!
  63. 18th Jun 2010 @ 1:24 am

    damai itu indah.
    tpi sing penting ojo damai ro ijoklumut n brajamustai.
    scra individu aq jik skit ati ro mrka.

    Reply!
  64. M h
    18th Jun 2010 @ 1:10 am

    cwek ku wong ngajogjokrto wi..
    hla pye nhu..

    Reply!
  65. frans
    18th Jun 2010 @ 12:56 am

    TELENOVELA ea..??

    Reply!
  66. 18th Jun 2010 @ 12:51 am

    bonek B.A.J.I.N.G.A.N , A.S.U

    Reply!
  67. 18th Jun 2010 @ 12:50 am

    Persis rung onok kabar to pak ngadmin? 😕

    Reply!
  68. 18th Jun 2010 @ 12:49 am

    aku nganti mati tetep ra bkalan ngangge viking karo bonek seduluran karo pasoepati. . .mari kita jaga supaya permusuhan ini awet selamanya. . .sampai viking dan bonek bubar. .

    Reply!
  69. 18th Jun 2010 @ 12:45 am

    @mas aris budi yadi: aku ngrti sing mbok rasake maz. . .aku saiki yo ngalami koyo koe. . .tp bedho’e yankq kui bonita. . .sak keluarga maniak persebaya kabeh. . .bahkan ibu’e yankq jelas2 ngomong karo aku . .yen ra seneng karo solo. . . .pas aku dolan nang omahe . .kaos pasoepatiku sengojo tak tinggal nang ruang tamu. . . .kui sbgai bukti. . .aku urip mati tetep pasoepati. . .ra eneg sing iso genti. .

    Reply!
  70. 18th Jun 2010 @ 12:40 am

    Setuja karo bung hendra. SAETAMA

    Reply!
  71. 18th Jun 2010 @ 12:38 am

    pasoepati selalu di dada khu
    G perlu sob cinta 2 hati g perlu terpisahkan
    gara2 fanatisme sepak bola
    uda 2 tahun akhu gandeng ma cew surabaya
    lancar2 ajja dya juga sebagai anggota bonek
    tapi bisa membedakan antara fanatisme dan kehidupan sehari2
    bisa menempatkan dengan tepat agar tidak saling benrsinggungan
    maju terus sob
    itu hanya kebencian dari beberapa obnum yang meng atas namakan pasoepati atau pun viking
    obnum yang tidak poenya moral

    Reply!
  72. 18th Jun 2010 @ 12:38 am

    Menanti france 😀

    Reply!
  73. frans
    18th Jun 2010 @ 12:36 am

    wah nasibku..!!

    kuliah adoh2 tekan Bandung, entuk2’e yo muk cewek solo meneh..!!

    yomen..

    aset oq..

    Reply!
  74. hendra
    18th Jun 2010 @ 12:32 am

    fanatisme suporter sejatinya hanya terjadi di dalam stadion…di luar kita tetap satu bangsa..satu bendera MERAH PUTIH…

    sangat tidak bijak n kurang dewasa banget kalau semua itu terus kita bawa di kehidupan sehari2…

    hal2 yang seperti ini justru yg akan menghancurkan bangsa karena kita terlalu mengedepankan daerah/klub kita masing2…

    tapi prestasi TIM NAS yg terus menurun n kinerja PSSI justru kita kesampingkan

    SALAM SATU JIWA
    AREMANIA di JOGJAKARTA

    Reply!
  75. summy
    18th Jun 2010 @ 12:31 am

    dowone artikel e….
    Biasane orang sunda kan cntik2 n tu kan yg dicr sbagian co, MAybee….
    N orng sunda jg nyari co apalagi orng jawa krn sk kerja keras dpt uang bnyak tu yg dcri 😀 , hehehehe u_u piss..piss..

    Reply!
  76. 18th Jun 2010 @ 12:30 am

    Critone apik . Semuga cpet damai berawal dari hal kecil contone saling sapa lewat web suwe2 mesti iso damai. Aku,dia,dan mereka satu nusa satu bangsa

    Reply!
  77. 18th Jun 2010 @ 12:25 am

    Realita suporter indonesia..
    .. Jiwa pasoepatiku cinta damai ke semua ..
    Marilah qt mulai dari pasoepati cinta damai..,
    NO ANARKI..
    NO RASIS…

    Reply!
  78. Sixoen
    18th Jun 2010 @ 12:24 am

    Pilem romi n junet jilid 2..agagag
    yn pgen mangan enak..urip kr wg padang
    yn pgen turu kepenak..urip kr wg sundo
    yn pgen urip kepenak..urip kr wg jowo
    yn pgen penak kbeh yo tinggal dikawini kbeh..
    gampang to??enak to??manteb to??

    Reply!
  79. punakawan
    18th Jun 2010 @ 12:23 am

    harga diri suporter dikalahkan dengan wanita?,ckckck. FUck BONJOVI..!!!

    Reply!
  80. frans
    18th Jun 2010 @ 12:21 am

    supir angkit setan..!!

    ah yang penting sampe Bdg, gak nonton gak papa..!!

    kaos;a itu jangan2 malah dipake..?? gag di b*kAr..

    hahaha

    Reply!
  81. NN
    18th Jun 2010 @ 12:17 am

    emang penting???,

    Reply!
  82. Genjix
    18th Jun 2010 @ 12:17 am

    wah kaya film Romeo n Juliet bedhane Viking vs Jack, saiki Viking vs Pasopeati..

    moga2 tetap SATU JIWA!!!!!

    Didadaku tetap PERSIS SOLO dan AREMANIA adalah saudaraku…

    VIKING, BONEK, dan BRAJAMUSTI???
    (masa lalu, ra penting)

    Reply!
  83. 18th Jun 2010 @ 12:16 am

    Cupliz ho o
    amien owh km pigking yg nyupirin angkotq wkt ke jalak ketupat itu yak huft..

    Reply!
  84. 18th Jun 2010 @ 12:15 am

    Hailyeah
    Katakan cinta pada neraka

    sopo mau sing ngmg cinta tak berbatas??
    Secara jaman saiki cinta dibatasi harta cing

    musuhan rapopo
    sing penting ojo jotos2an y mas

    pie ki kabare FS kog jik urip ae
    hahahaha

    Reply!
  85. goeng elex's
    18th Jun 2010 @ 12:08 am

    wahhh amin bka2 aib mas andy,,, ixixixixixixix

    Reply!
  86. frans
    18th Jun 2010 @ 12:01 am

    -mas.Andi… haha est*n* wes pait..!!

    kamu kalo naek angkot di Bdg hati-hati ea..??

    suru bayar 50 rb nanti…

    haha

    Reply!
  87. 17th Jun 2010 @ 11:59 pm

    andy@ i loph….. lady pikers,,,, bonita kalah kelas huft….

    Reply!
  88. goeng elex's
    17th Jun 2010 @ 11:59 pm

    DAMAI DI MULUT,,TP BELUM TENTU DAMAI DI HATI,,,, itulah realitas suporter indonesia,,,,,,

    Reply!
  89. 17th Jun 2010 @ 11:57 pm

    PETUK KEPRUK.. BAR !!! kwi yen genah musuh lho ya.. ojo podo abang.e po meneh nglimpe..

    Reply!
  90. 17th Jun 2010 @ 11:49 pm

    tp skrg mslh’a msh byk oknum suporter d’indonesia yg ga pngen smua suporter tu damai,,

    Reply!
  91. teddyy
    17th Jun 2010 @ 11:44 pm

    kalau begitu, qta harus konsisten, tidak hanya dengan viking aja… tapi juga dengan BONEX…

    pada SETUJU???????

    Reply!
  92. 17th Jun 2010 @ 11:43 pm

    Sg temping dkg PERSIS 1923 wajib hukumx..

    Met ultah ke 83 buat persebaya..

    Buat b.o.n.e.k mari qt plhra permusuhan ini smga langgeng pe ank cucu..

    Buat bonitha mari qt slg mencntai sebagai sesama makhluk sosial

    xixixi

    SAETAMA

    Reply!
  93. Ijuul JRX
    17th Jun 2010 @ 11:40 pm

    @sake:yo ky gt lah resiko sebuah kelompok..jk skt ht bonek d’jelek2in,yo cri oknum bonek yg anda anggap membuat rusuh..hajar di tempat..g cm ngmg..

    Reply!
  94. 17th Jun 2010 @ 11:35 pm

    from: Cah Bonek
    Sbnernya saya ga benci sma pasoepati, tapi gara” ulah oknum beratribut bonek selalu berbuat anarkis shingga banyak suporter yang membenci kami, para suporter banyak yang mencaci dan menjelek-jelekkan bonek dgn kata kata kotor, terus terang saya merasa tersinggung jg dgn kta” ktor itu yang mNgarah kpd nma B0NEK, padahal kan yg bkin mslh hanya oknum tapi kenapa kami smua yg d’slhkan, dan skrg rsa skit hti it tlh membesar d’hatiq

    Reply!
  95. 17th Jun 2010 @ 11:34 pm

    Artikel anyar,,moco sek!

    Reply!
  96. goeng elex's
    17th Jun 2010 @ 11:32 pm

    salahkah jika seorang goeng elex’s menyayangi AYUK yang notabene seorang BONITA banyuwangi….?????

    bingung aq…,,,, dia slulu cemburut kala q berucap bonek djancuk,,,, tp dia pun sLALu tersenyum kala q sebut PASOEPATI PERSIS SOLO….!!!!!!!!!!!

    Reply!
  97. 17th Jun 2010 @ 11:30 pm

    Marilah berkiblat pada suporrter club2 inggris.. Damai di dalam sangar di luar… Berbeda2 club tapi tetap satu,yaitu ENDONESA..!!!
    Maju terus PERSIS SOLO..

    Reply!
  98. coro laut
    17th Jun 2010 @ 11:28 pm

    Wes,pkoke pasoepati sak matine.

    Reply!
  99. Ijuul JRX
    17th Jun 2010 @ 11:26 pm

    Romeo n juliet versi suporter..
    Kdg q jg bnci hrs ad permusuhan yg membatasi kita dlm bbrp hal..
    Tp,mmg permusuhan ni akn ttp ad slma fanatik brlbhn&mental kita tak bs lapang dada dan teposliso..
    Smua bth wktu..mgkn skrg kedamaian tu hny ad dlm mmpi..tp smua tu berawal dr mmpi..
    Peace,love,unity&respect
    PASOEPATI sak lawase..

    Reply!
  100. hola holo
    17th Jun 2010 @ 11:21 pm

    bonita kadohan dink..golek yank brajamolek ae sing rodo cerak..
    ahah…

    Reply!
  101. hola holo
    17th Jun 2010 @ 11:19 pm

    kuq podo karo cerita pilem kae..
    naknu aq suk golek yank bonita ae ah…

    Reply!
  102. thoty pasoepati
    17th Jun 2010 @ 11:18 pm

    ya itulah sepakbola,, kita dibutakan oleh atribut,.,. tapi sebenarnya itu bisa redam untuk perdamaian negeri ini dan pastinya kemajuan sepakbola nasional,.,.,.,.

    satu catatan bahwa untuk cinta tak bisa dibatasi oleh sesuatu..

    Reply!
  103. 17th Jun 2010 @ 11:17 pm

    De’ amin gk pareng nakal lho ea..

    Reply!
  104. 17th Jun 2010 @ 11:16 pm

    Bonitha lbh mantap n berani.. (*_*)

    Reply!
  105. frans
    17th Jun 2010 @ 11:14 pm

    halah..!!

    mbok aku dikenalne mas..
    haha..

    Reply!
  106. 17th Jun 2010 @ 11:13 pm

    ini baru bisa disebut Artikel…!!

    Dowo tapi ra mbundettt….!!

    Reply!
  107. 17th Jun 2010 @ 11:07 pm

    tetep “PASOEPATI”.
    darah solo,darah pasoepati.

    Reply!
  108. 17th Jun 2010 @ 11:01 pm

    Apik..
    Tpi critane koq podo ro film R0MEO N JULIET.
    bedone kae lanange the jak..ki lanange pasoepati..wedok’e podo2 vkng..
    saluT..salut..
    suporter damai menyatukan semuanya..

    Reply!
  109. 17th Jun 2010 @ 10:57 pm

    wah y0h SIP…

    Reply!
  110. 17th Jun 2010 @ 10:39 pm

    ” from solo with love” from all..
    .pasoepati antri mati

    Reply!
  111. Joent terus memerah
    17th Jun 2010 @ 10:35 pm

    Ketimbang raono artikel…moco iki yorapopo!!
    …Pasoepati cinta damai…

    Reply!
  112. 17th Jun 2010 @ 10:33 pm

    dowo banget…. males woco hahahaha :))

    Reply!
  113. 17th Jun 2010 @ 10:31 pm

    hajar hajar……………..

    Reply!
  114. Joent terus memerah
    17th Jun 2010 @ 10:23 pm

    PERTAMAX!!!maos rumiyin…

    Reply!
  115. 17th Jun 2010 @ 10:21 pm

    mirip2 ma inti cerita romeo juliet!
    Gag mslah mo dpt wanita mna aja.
    Yg pntg dia bs trma kta apa adanya dan bgtu sbliknya.

    Reply!
  116. 17th Jun 2010 @ 10:21 pm

    piye ki play off.e persis1923solo. . .

    Reply!
  117. Pas Pas
    17th Jun 2010 @ 10:10 pm

    artikele joss

    Reply!
  118. 17th Jun 2010 @ 10:09 pm

    Jadi sedih euy………

    Reply!
  119. Agungsuset
    17th Jun 2010 @ 10:08 pm

    Peace for all suporter in indonesia, permusuhan lahir bukan karena perbedaan tapi permusuhan tercipta buat didamaikan, damai Indonesia damai seluruh suporter indonesia, football for peace

    Pasoepati sampai mati

    Reply!
  120. PRJ
    17th Jun 2010 @ 10:00 pm

    5 besar cuy
    “pasoepati cinta damai”

    Reply!
  121. _"ARMADA"_ 1923 PASOEPATI
    17th Jun 2010 @ 9:58 pm

    5 BESAR . . . . 🙂

    ROnda Mlem. . . .

    Reply!
  122. 17th Jun 2010 @ 9:45 pm

    semua satu,wlo qt ngak mulai tp tak mnutup kmngkinan qt yg mngakhiri.solo kota pasoepati

    Reply!
  123. 17th Jun 2010 @ 9:45 pm

    henttikan permusuhan
    tuk menatap masa depan
    yg lebih cerah baik tuk ind0nesia
    maupun pasoepati dan semua
    kelompk soeporter

    saetama kawan

    Reply!
  124. 17th Jun 2010 @ 9:41 pm

    pertamax cuy….

    koq jik sepi kie d0nangndie yow

    Reply!

Leave a Reply to bagas Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

  • Add Widgets For Small Sidebar

    You are currently not set any widget to fill this area, you can go to widgets panel for configuration.

  • Add Widgets For Large Sidebar

    You are currently not set any widget to fill this area, you can go to widgets panel for configuration.