Ketika Cinta Terbentur Permusuhan Suporter

A’, abdi ridho jadi pacar aa’.. Abdi cinta sama aa’.. Aa’ jaga diri baik-baik di ibukota nya..!

Sepenggal kalimat dalam sms pacar saya di Bandung yang dikirim di sela-sela kesibukan saya sebagai pegawai negeri. Pacar saya asli orang sunda Bandung, sedangkan saya sendiri sudah tentu pembaca tahu, seorang cah Solo yang ngelembana di ibukota. Anak Solo yang mencintai sepakbola Solo dan Persis Solo. Wong Jowo Surokarto yang menisbatkan dirinya sebagai Pasoepati.

Hubungan saya dan pacar saya bisa dibilang langgeng meskipun dipisahkan oleh tiga jam perjalanan darat Bandung-Jakarta. Kami menjalani ini dengan penuh kasih sayang dan kepercayaan. Kami saling mengenal mulai dari pribadi, histori hingga hobi. Dia tahu saya adalah penggemar bola, main bola dan pendukung klub sepakbola. Dia tahu saya fanatik Pasoepati karena saya selalu cerita mengenai pengalaman saya mencintai klub Persis Solo sejak kecil.

Namun, dalam beberapa episode, dia terkadang menyembunyikan sikapnya. Ada beberapa rahasia dalam hatinya yang tidak dia ungkapkan kepada saya. Saya sebenarnya tahu bahwa dia pura-pura suka dengan makan sate kambing padahal dia dari dulu tidak pernah mau makan makanan berkolesterol tinggi itu. Saya juga tahu perasaannya yang “memaksa” nonton di bioskop meskipun dia tidak pobia kegelapan bioskop. Ketika saya bertanya mengenai hal itu, akhirnya dia jujur bahwa dia hanya ingin mencoba untuk selalu bersama. Tidak ingin lepas dengan saya.

Segala hal di atas memang tidak membuat saya terkejut karena itu hal adalah biasa yang menjadi warna suatu hubungan. Tetapi alangkah terkejutnya saya tatkala melihat dia menyimpan kaos, atribut dan merchandise klub Persib Bandung tersusun rapi di dalam lemarinya yang tidak sengaja saya buka. Damn! Itu adalah batin kejut saya tiba-tiba pasca melihatnya. Kejadian ini tanpa sepengetahuannya yang kebetulan sedang menyeduh kopi di dapur. Saya buru-buru menutup pintu lemari itu dan kemudian saya berekspresi seperti biasa. Dia datang dan kemudian kami bersama mengobrol mengenai masa depan kita tanpa menyinggung sedikitpun peristiwa yang barusan saya alami.

Sampai disitu, saya balik ke Jakarta dengan penuh kecemasan, kegundahan dan penyesalan. Saya tidak tahu kenapa perasaan buruk ini terjadi begitu cepat. Saya dalam mobil yang berjalan selalu memandangi stiker-stiker Pasoepati yang tertempal kuat di kaca mobil. Mata saya berkaca-kaca karena saya begitu mencintai seseorang yang secara umum saya benci. Dia rela menanggalkan segala atribut kesukaannya untuk saya. Sesampai saya di kamar kos, saya ambil sepuntung rokok dan menyalakannya. Bull.. asap mengepul dan saya tarik nafas dalam-dalam. Saya pandangi foto pacar saya ini berulang kali. Foto kami berdua dalam aura percintaan nan sejati. Dia terlalu baik bagiku. Dia manis, cantik, sangat patut untuk menjadi pendamping hidup saya selamanya.

Malam itu saya berada dalam persimpangan. Pacar saya adalah anggota Viking Bandung yang fanatik. Pacar saya adalah anggota kelompok supporter yang melempari kereta saya ketika melintas pulang kampung ke Solo. Pacar saya yang sangat saya sayangi terlalu sayang untuk ditinggalkan. Kemudian saya ambil air wudlu dan berdoa. Berdoa kenapa sejarah menciptakan kata “benci” antara Viking dan Pasoepati. Kenapa sejarah berkata saya diharuskan untuk antipati kepada pendukung klub sepakbola Persib Bandung. Kenapa sejarah membuat kami pencinta sepakbola harus baku hantam karena kefanatikan sempit. Solo dan Bandung adalah kota bersejarah. Persis dan Persib adalah klub bersejarah. Pasoepati dan Viking adalah supporter bersejarah. Dan pacar saya dan saya adalah dua insan bersejarah.

Kini, karena saya tidak akan melepaskan kaos Pasoepati di tubuh saya, apakah saya harus melepaskan cincin persatuan cinta pacar saya? Cinta yang telah terajut beberapa tahun, cinta yang sudah mengakar dalam hati dan sanubari, cinta yang sudah berhegemoni dengan suka dan duka. Cinta yang saya selalu harapkan untuk abadi. Apakah fanatisme kepada klub kesayangan harus mengalahkan kasih sayang seorang kekasih?

Dalam renungan saya malam itu bahwa selama ini, dia menahan segala emosi kemenangan Persib Bandung di Stadion Siliwangi, dia rela tidak menonton ke sana karena takut ketahuan saya. Selama ini, dia membuat saya selalu tersenyum, bahkan dia pun tersenyum melihat kemenangan yang diraih Persis Solo.

Tut, tut… Handphone saya berbunyi. Ada sms masuk dan darinya.

A’a, sudah sampai rumah kan? Jangan lupa makan yaa.. Met Istirahat Aa’.. Love You Always..”

* Artikel kiriman Muh. Aris Budi Yadi, seorang Pasoepati Jakarta yang berharap persaudaraan terjalin antara Pasoepati dan Viking.

Kita memang berbeda warna, tapi kita satu suporter Indonesia. Hentikan permusuhan suporter sekarang juga. Ciptakan kedamaian antar suporter, dimulai dari kota Solo. Aku, kamu dan mereka adalah sama. Kita bersaudara!

124 Responses

  1. raden anom

    Gak apa2.. namanya jg cinta toh!!
    mirip2 ama film yg diharamkan di negri jawa barat jg gak ada hubungannya kok, mungkin ini lah kisah nyata yang asli, gak koyo film itu yang busuknya koyo yahudi, menghina dan mendeskriditkan suku Sunda yang ramah & berbudaya seperti Jawi – solo.
    pepatah mengatakan: ‘Derita cinta pasti ada akhirnya”
    Solo – Bandung perpaduan yang bagus kalo jadi jodoh..
    Beautiful culture..
    Beautiful life..

  2. calon investor tunggal PERSIS SOLO

    suatu saat insyaalloh permusuhan itu akan hilang,,,krn permusuhan yg abadi d bumi ini hanya antara org MUSLIM dg YAHUDI,,,,,,,,

    persis solo tak dongakke juara ISL 5 tahun lg,,,,,,,,amien

  3. Doekoen boemi

    saya sendiri sebagai pecinta persis solo malu sendiri manakala melihat temen2 pasoepati berbuat anarki, tidak sesuai dengan gaung yang di teriakkan kita semua..CINTA DAMAI DAN ANTI ANARKI…
    MAMPUKAN KITA MENGENDALIKAN DIRI KITA SENDIRI…?????
    KALO TIDAK JANGAN BICARA PASOEPATI KARENA AKAN MEMBUAT MALU PASOEPATI SENDIRI….
    BISAKAH KITA MENYADARKAN AKNUM2 DARI SEBAGIAN KITA SENDIRI AGAR PASOEPATI BERSIH DARI ANARKI..????

    lanjutkan cintamu nda…..buat semua suporter yang anarki terbelalak matanya melihat kisah kalian…

  4. Joent terus memerah

    @???:Wkwkwkwk…jg santai ae bos kayak dpntai podo abange pasoepati te2p piss!
    Update persis jr gmn nih?

  5. ventura

    Yen nganti suk suporter indonesia iseh saling handang – saling serang, aku yakin masing2 suporter indonesia mempunyai korwil khusus, antara lain :
    AREMANIA korwil rel sepur
    THE JAKMANIA korwil rel sepur
    BONEKMANIA korwil rel sepur
    VIKING korwil rel sepur
    SLEMANIA korwil rel sepur
    PASOEPATI korwil rel sepur
    BRAJAMUSTI korwil rel sepur
    DELTAMANIA korwil rel sepur
    BOROMANIA korwil rel sepur
    LANUS korwil rel sepur
    THE MACZMAN korwil rel sepur
    PERSIPURAMANIA korwil rel sepur
    NJ MANIA korwil rel sepur
    PELITAZER korwil rel sepur
    SNEX korwil rel sepur
    PANSER BIRU korwil rel sepur
    BANASPATI korwil rel sepur
    DJETMAN korwil rel sepur
    KAMPAK korwil rel sepur
    SINGAMANIA korwil rel sepur
    SIMANIS korwil rel sepur
    BALISTIK korwil rel sepur
    Dan Suporter Lain2 korwil rel sepur… :))

  6. rian punkshter pasoepati

    semoga aja kita bisa belajar dari artikel diatas,,,,, semoga soeporter indonesia bisa damai…. gag ada rasis & anarkisme lagie…. amien…..

  7. Fany Tertib Lalulintas

    Ksatria sejati adlh mereka yg mau merangkul musuh2na.Sebenarna ego & gengsi qt lah yg memecah belah.Qt emg beda warna tp tetap 1 bendera yaitu MERAH PUTIH.Mari tmn qt rangkul “musuh2” qt,damai itu indah.Ayo qt tunjukkan bhwa Pasoepati senantiasa menyebarkan virus2 cinta ke seluruh supporter di Indonesia.Hilangkan ego & gengsi.Qt bisa kawan,krn qt adalah KSATRIA SEJATI..

  8. Wkwkwkwkwk.. Dikandani malah mutung.. =))

    Diwoco sing jelas to kui mas.. Makane dadi priyayi kui sing jembar atine, ora gampang nesu sak kancane.. Maksudku kuikan jelas? Toleransi+hormat menghormati sesama Paseoepati, mbuh kui artikele, komentare lan sak kabehe.. yen ora awae dewe sopo meneh? 🙂

    Yo sepurane kagem Pasoepati Medan+Joen yen ora dadi karepe soal komentarku.. Niat baik memang tak selalu ditanggapi baik.. 🙂

    SAETAMA !!! \m/

  9. pasoepati adjja

    bal2an to bal2an suporter ya suporter kejadian nyata ya kjadian nyata….msak yg nmanya cinta apa pun harus di bantai!suporter laen crita….dwasalah bro!!qta hrus ttp benci 3suporter biru biru hijau!!

  10. tri

    maju trs pantat mundur boz,cinta,ksih sayang tidak mengenal t anak mna,sporter mana,bleh qt benci m sporter laen tp lau cinta,sayang ga pengaruh m sporter,yg pntg intinya yakin,prcya,ok bro?salam edan tpi mapan dr pasoepati tangerang

  11. _"ARMADA"_ 1923 PASOEPATI

    NEK PANCEN NGAKU PASOEPATI SEJATI. . .
    ” AYO NANTI SORE KITA DATANG MERAHKAN SRIWEDARI”
    eh ojo Lali cwek’e di ajak.. Xixixi 😉

    PASOEPATI FOREVER :-q

  12. cr17

    kalo msh pngn musuhan trs silahkan itu hak jenengn2 smua tpi ap kita mau begini trs, ap pantas ki berslogan pasoepati anti anarki.

    skrng kita ciptakan sepakbola yg modern dan berkelas. skrng kita musuhan trs siapa yg mau dukung indonesia smua hny mementingkan jiwa kedaerahany.

    hrsny kt saling menyadari kekurangan masing2 dan memaapkannya wong realistis aj kadang oknum kt jga da yg anarki g da bdanya dgn mrk.

    cba dibyngkan seumpama pasoepati bs damai ma bonjovi, pasti seindonesia akn salut ma pasoepati.

  13. Koment pisan we d seneni karo admin e…
    Yowes ra koment wae lah ndag d seneni admin e.
    Mw ngasih masukan malah d seneni.
    Cukup menyimak wae lah !
    JAYALAH PERSIS SOLO qu !!
    JAYALAH PASOEPATI qu !!
    I LUUPH U FULL PERSIS SOLO n PASOEPATI !!

  14. Solo

    Pasoepati skrng dh g kya dLu Lagi, pasoepati skrng d.rsak oLeh anggota’a sendiri yg mementingkan dri sendri, pasoepati hrz ew nonbLok g sLing memihak, pasoepati dLu bgtu sopan santun mdah d.ajax damai, pdhaL pasoepati sring d.sbut” penyebar virus perdamaian, tpi mnurutku pasoepati dh g pntes d.sbut” pnyebar virus perdamaian, sya mohon kpda gnerasi” muda pasoepati kembali pasoepati seprti dLu Lagi, kaLau anda bner” pasoepati sejati kmbLi pasoepati yg dLu yg tdak anarkis, mudah paseduluran, mudah 5afkan, ayo qta mulai dari solo untuk indonesia

  15. Nek ora seneng karo sing jenenge bon3k,vik1ng,BM opo liyane yo mbok wis rasah dibahas ning kene . . Nek pengen web e iki isine mung pasoepati n persis solo,yo ojo koment sing liya2ne..
    Artikel e ora bahas BonJoVi,isi comment2 e yo malah bahas kui..
    Ojo mneh misal e enek artikel sing bahas kui,,nak iso2 comment e mung pisuh2an thok..

    Mbok wis,nek ora seneng yo ora seneng…ojo ngajak wong liyo sing ra mudeng opo2 kon melu2 ora seneng…

  16. Fahhmii

    Bener wi ayo mengko sore ndukung persis junior, yg merasa pasoepati sejati nanti sore hrus datang ke stadion, kita buktikan loyalitas pasoepati buat persis solo . .

  17. Sing gawe artikel ki yo nganggo mikir mas, yen ra sependapat wes rasah mencela.. Kui sing gawe yo wong pasoepati, dudu wonh liyo.. Ayo dihormati ojo dicaci.. Web iki fleksibel, bukan hanya fanatik kepada berita2 Persis Solo dan Pasoepati aja.. Cerita/pengalaman seorang Pasoepatipun bila memang layak ditampilkan ya gak masalah.. Makane daripada ribut, yang punya uneg2 buruan nulis artikel trus dikirim ke pasoepati.net@gmail.com 🙂

  18. Joent terus memerah

    ARTIKEL GA ‘RELEFAN’, U/ SAAT INI MENDINGAN DIPILIH ARTIKEL2 YG BERKAITAN DG KEADAAN PERSIS SAAT INI KRN SAYA YAKIN DG BRTA2 TSB AKAN MENGGUGAH TMN PASOEPATI N PENGGILA BOLA SE SOLORAYA U/ SAMA2 BERTUKAR PIKIRAN DEMI KELANGSUNGAN HIDUP PERSIS SOLO…thx mf klu komenq krng brkenan.

  19. nek bgku viking tetep asu.,ra pdli cwe po cwo.,soale aq prnh dw penglamn ra enak ro vik*ing.,di htku mung enek”pasoepati..pasoepati.,persis solo saklawase,ra pdli aq glek dwt ng bumi vik*ing.,tetep anti bonjoVI

  20. CAH GEMBLUNG

    SUDAH SAATNYA KITA HENTIKAN SEGALA PERMUSUHAN ANTAR SUPORTER KARENA HAL ITU NANTINYA AKAN MEREMBET KE PERMUSUHAN ANTAR SUKU & DAERAH. JAYALAH PASOEPATI … JAYALAH SUPORTER INDONESIA …

  21. wah critne meh pdo romeo&juliet..tp romeo ne dì gnti pasoepati…tp artikel dì atas sangat bagus..mari kta jalin persaudaran antar supporter.

  22. bafana bafana

    ayo mas nanti sore memerahkan std sriwedari jam 3 sore, dukung persis junior nanti mau tnding lanjtan suratin, nanti sore prtndgan yg paling menentukan. .ayo dukung bareng2. .pasoepati dukung semua persis solo entah senior ato junior. .pasoepati datang yg bnyak. .bila nanti sore persis menang mjd tim pertama yg lolos dan tak terkalahkan di kandang ato tandang.

  23. Walah2 tok do ngrembug e pcre dwe2 to,lha aku sing duwe cewek anggota bonita,brajamolek,karo vikinge meneng ae kok 😀 hahahaha ngimpiiiii =)) guyup rukun adem ayem dadi tentrem.tp nek tentrem kuwi tanggaku 😀 pasoepati ki pancen joss..maklum nek enek sing ra seneng musuhan enek sing ttp musuhan.it hak msg2 yg ptg ttp qt pasoepati cinta damai ok.

  24. aku PASOEPATI dan aku “tidak benci” VIKING atopun hijau etan dan biru kidul..
    aku hanya tidak suka sebagian darinya..
    kembali lagi ku tuliskan sepenggal kalimat dari artikel terdahulu..
    “walaupun kita beda warna..sejatinya kita satu bendera..” :iloveindonesia :iloveindonesia

  25. Artikel yg aneh…. !!!
    Jane bahaz tntang pasoepati pow cinta t0w kie ??!
    Huuuft….. !!!
    Artikel tu mb0g ya 100% bahaz pasoepati atw persis solo t0x jgn yg laen !!

    B0NJOVI tu dr dlu emg a.n.j.i.n.g !!!

    D hati ku cm ada 1 nm
    PASOEPATI !!!

  26. marilah QT smua damai,,,,kasihan anak cucu Qt kelak!!!

    mereka tdak tau sbab yg membuat permusuhan ini….

    hdup 1 negara,sma2 INDONESIA tp suporternya pda bermusuhan!!!!!!!

    “pasoepati di hati”

  27. @mas aris budi yadi: aku ngrti sing mbok rasake maz. . .aku saiki yo ngalami koyo koe. . .tp bedho’e yankq kui bonita. . .sak keluarga maniak persebaya kabeh. . .bahkan ibu’e yankq jelas2 ngomong karo aku . .yen ra seneng karo solo. . . .pas aku dolan nang omahe . .kaos pasoepatiku sengojo tak tinggal nang ruang tamu. . . .kui sbgai bukti. . .aku urip mati tetep pasoepati. . .ra eneg sing iso genti. .

  28. pasoepati selalu di dada khu
    G perlu sob cinta 2 hati g perlu terpisahkan
    gara2 fanatisme sepak bola
    uda 2 tahun akhu gandeng ma cew surabaya
    lancar2 ajja dya juga sebagai anggota bonek
    tapi bisa membedakan antara fanatisme dan kehidupan sehari2
    bisa menempatkan dengan tepat agar tidak saling benrsinggungan
    maju terus sob
    itu hanya kebencian dari beberapa obnum yang meng atas namakan pasoepati atau pun viking
    obnum yang tidak poenya moral

  29. hendra

    fanatisme suporter sejatinya hanya terjadi di dalam stadion…di luar kita tetap satu bangsa..satu bendera MERAH PUTIH…

    sangat tidak bijak n kurang dewasa banget kalau semua itu terus kita bawa di kehidupan sehari2…

    hal2 yang seperti ini justru yg akan menghancurkan bangsa karena kita terlalu mengedepankan daerah/klub kita masing2…

    tapi prestasi TIM NAS yg terus menurun n kinerja PSSI justru kita kesampingkan

    SALAM SATU JIWA
    AREMANIA di JOGJAKARTA

  30. summy

    dowone artikel e….
    Biasane orang sunda kan cntik2 n tu kan yg dicr sbagian co, MAybee….
    N orng sunda jg nyari co apalagi orng jawa krn sk kerja keras dpt uang bnyak tu yg dcri 😀 , hehehehe u_u piss..piss..

  31. Sixoen

    Pilem romi n junet jilid 2..agagag
    yn pgen mangan enak..urip kr wg padang
    yn pgen turu kepenak..urip kr wg sundo
    yn pgen urip kepenak..urip kr wg jowo
    yn pgen penak kbeh yo tinggal dikawini kbeh..
    gampang to??enak to??manteb to??

  32. frans

    supir angkit setan..!!

    ah yang penting sampe Bdg, gak nonton gak papa..!!

    kaos;a itu jangan2 malah dipake..?? gag di b*kAr..

    hahaha

  33. Genjix

    wah kaya film Romeo n Juliet bedhane Viking vs Jack, saiki Viking vs Pasopeati..

    moga2 tetap SATU JIWA!!!!!

    Didadaku tetap PERSIS SOLO dan AREMANIA adalah saudaraku…

    VIKING, BONEK, dan BRAJAMUSTI???
    (masa lalu, ra penting)

  34. Hailyeah
    Katakan cinta pada neraka

    sopo mau sing ngmg cinta tak berbatas??
    Secara jaman saiki cinta dibatasi harta cing

    musuhan rapopo
    sing penting ojo jotos2an y mas

    pie ki kabare FS kog jik urip ae
    hahahaha

  35. Sg temping dkg PERSIS 1923 wajib hukumx..

    Met ultah ke 83 buat persebaya..

    Buat b.o.n.e.k mari qt plhra permusuhan ini smga langgeng pe ank cucu..

    Buat bonitha mari qt slg mencntai sebagai sesama makhluk sosial

    xixixi

    SAETAMA

  36. Ijuul JRX

    @sake:yo ky gt lah resiko sebuah kelompok..jk skt ht bonek d’jelek2in,yo cri oknum bonek yg anda anggap membuat rusuh..hajar di tempat..g cm ngmg..

  37. from: Cah Bonek
    Sbnernya saya ga benci sma pasoepati, tapi gara” ulah oknum beratribut bonek selalu berbuat anarkis shingga banyak suporter yang membenci kami, para suporter banyak yang mencaci dan menjelek-jelekkan bonek dgn kata kata kotor, terus terang saya merasa tersinggung jg dgn kta” ktor itu yang mNgarah kpd nma B0NEK, padahal kan yg bkin mslh hanya oknum tapi kenapa kami smua yg d’slhkan, dan skrg rsa skit hti it tlh membesar d’hatiq

  38. goeng elex's

    salahkah jika seorang goeng elex’s menyayangi AYUK yang notabene seorang BONITA banyuwangi….?????

    bingung aq…,,,, dia slulu cemburut kala q berucap bonek djancuk,,,, tp dia pun sLALu tersenyum kala q sebut PASOEPATI PERSIS SOLO….!!!!!!!!!!!

  39. Ijuul JRX

    Romeo n juliet versi suporter..
    Kdg q jg bnci hrs ad permusuhan yg membatasi kita dlm bbrp hal..
    Tp,mmg permusuhan ni akn ttp ad slma fanatik brlbhn&mental kita tak bs lapang dada dan teposliso..
    Smua bth wktu..mgkn skrg kedamaian tu hny ad dlm mmpi..tp smua tu berawal dr mmpi..
    Peace,love,unity&respect
    PASOEPATI sak lawase..

  40. thoty pasoepati

    ya itulah sepakbola,, kita dibutakan oleh atribut,.,. tapi sebenarnya itu bisa redam untuk perdamaian negeri ini dan pastinya kemajuan sepakbola nasional,.,.,.,.

    satu catatan bahwa untuk cinta tak bisa dibatasi oleh sesuatu..

  41. Apik..
    Tpi critane koq podo ro film R0MEO N JULIET.
    bedone kae lanange the jak..ki lanange pasoepati..wedok’e podo2 vkng..
    saluT..salut..
    suporter damai menyatukan semuanya..

  42. Agungsuset

    Peace for all suporter in indonesia, permusuhan lahir bukan karena perbedaan tapi permusuhan tercipta buat didamaikan, damai Indonesia damai seluruh suporter indonesia, football for peace

    Pasoepati sampai mati

Leave a Reply

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.