Home / PERSIS SOLO

Jumat, 20 Januari 2012 - 08:29 WIB

Bermain di Solo, Sejarah Berpihak ke Persis

Pertandingan Persis Solo melawan PSS Sleman, Sabtu (21/1) nanti, diprediksi bakal berlangsung ketat. Persis yang dalam dua penempilannya selalu meraih kemenangan, tentunya akan bertanding dengan semangat yang berlapis.

Ilham Hasan, di tuntut kembali meraih kemenangan

Pasukan asuhan pelatih Junaedi ini pun tetap mentargetkan kemenangan di laga ketiganya di kompetisi Liga Divisi Utama PSSI. Berdasarkan statistik yang ada, kubu Persis Solo memiliki rekaman catatan manis jika bertemu dengan PSS Sleman di Solo.

Fakta pertemuan terakhir kedua tim di Solo terjadi pada musim kompetisi 2008/2009 lalu, ketika liga bernama Liga Esia. Pada pertandingan yangberlangsung di stadion Sriwedari Solo, 29 November 2008, Persis Solo berhasil menggunduli PSS Sleman dengan skor mencolok, yakni 4-0.

Pertemuan Persis Solo melawan PSS Sleman sendiri sebenarnya jarang terjadi dalam kurun waktu empat tahun terakhir. Pertemuan keduanya hanya pernah terjadi di musim 2008/2009 saja. Selebihnya, kedua tim selalu menempati grup/wilayah yang berbeda dalam mengarungi kompetisi.

Selepas Persis Solo berpromosi ke Liga Divisi Utama (Liga Djarum Indonesia) musim 2007/2008, Persis Solo ditempatkan di wilayah dua bersama tim PSIM Yogyakarta, Persijap Jepara dan Deltras Sidoarjo. Sementara itu, kubu tim PSS Sleman menempati wilayah satu bersama tim PSIS Semarang, Persik Kediri dan Persib Bandung.

Di akhir kompetisi, baik PSS maupun Persis sama-sama gagal mencapai posisi 9 besar klasemen akhir. Karena kegagalannya tersebut, kedua tim pun gagal berkompetisi di Liga Super Indonesia, liga baru kasta tertinggi bentukan PSSI di musim kompetisi 2008/2009.

Musim 2008/2009, Persis Solo dan PSS Sleman dipertemukan dalam satu wilayah (wilayah Timur) di kompetisi Liga Esia 2008/2009. Pada pertandingan pertama yang berlangsung di stadion Sriwedari, 29 November 2008, Persis berhasil mengalahkan PSS Sleman dengan skor 4-0.

Gol-gol Persis Solo ketika itu dicetak oleh Wahyu Wiji Astanto, Yanuar Ruspuspito (2 gol) dan kapten tim Moukwelle Ebwanga. Sementara itu, di pertandingan kedua yang berlangsung di stadion Maguwoharjo Sleman, 29 Januari 2009, giliran kubu PSS yang mengkandaskan perjuangan anak-anak Persis melalui gol semata wayang penyerang PSS, Eka Santika, di menit ke-7.

Sementara itu, di dua musim berikutnya, baik Persis dan PSS Sleman tidak lagi dipertemukan dalam satu pertandingan liga. Musim kompetisi Liga Joss Indonesia 2009/2010, PSS Sleman menempati wilayah III bersama tim-tim seperti PSIM Yogyakarta dan Persiku Kudus.

Sedangkan tim Persis Solo menempati wilayah II bersama PSIS Semarang, Persiba Bantul, Produta Sleman dan PPSM Magelang. Di musim lalu, kompetisi Liga Ti-Phone Indonesia 20010/2011, kedua tim bertetangga ini lagi-lagi tidak dipertemukan dalam satu wilayah.

Persis Solo tetap berada di grup dua bersama PPSM Magelang, PSIS Semarang dan PSIM Yogyakarta. Sedangkan tim PSS Sleman juga masih tetap berada di grup tiga bersama Persiba Bantul, PSIR Rembang dan Persiku Kudus Di musim ini, kembali lagi Persis Solo dan PSS Sleman dipertemukan dalam pertandingan liga.

Persis Solo berkesempatan menjadi tuan rumah terlebih dahulu di pertandingan kedua tim. Apakah tim Sambernyawa Persis Solo akan kembali berhasil menaklukkan skuad Elang Jawa, PSS Sleman, dengan skor besar seperti pada musim kompetisi 2008/2009 lalu?

Jawabannya akan segera tersaji di pertandingan bigmatch liga Divisi Utama PSSI, Sabtu (21/1) nanti di stadion Manahan Solo.


Warning: preg_split(): Unknown modifier 'p' in /home/pasoepat/public_html/wp-content/themes/Detak Terkini/functions.php on line 183

Share :

Baca Juga

PERSIS SOLO

Produktif Gol Tandang, Persis Melaju ke Babak Kedua Piala Indonesia

PERSIS SOLO

Statistik: Persis Kalah Dalam Melakukan Passing

PERSIS SOLO

Inyong: GU Layak Unggul

PERSIS SOLO

Gol Dianulir Wasit, Ini Komentar Bang Jun

PERSIS SOLO

PPSM Sukses Imbangi Persis Solo

PERSIS SOLO

Dayat Merapat Ke Laskar Sambernyawa

PERSIS SOLO

Pasoepati Siap All Out Dukung Persis

PERSIS SOLO

Akhiri Polemik Tunggakan Gaji Pemain, Konsorsium Tawarkan Terminasi