Home / Artikel Pembaca

Senin, 5 Juli 2010 - 20:28 WIB

Aku, Pasoepati, Persis Solo Dan Mereka

Aku adalah salah satu sosok dari ribuan orang yang sering melantunkan nyanyian penyemangat untuk sebuah tim sepak bola,aku tidaklah punya nama tapi aku mempunyai baju yangg sudah bernama,orang bilang aku ini kesurupan,aku bilang aku ini miltansi..hemm apakah benar aku seperti itu?

Setiap ada perhelatan sepak bola dimanahan aku selalu datang dengan memakai baju kebesaran. Eits, bukan kedodoran loh, dan merupakan kebanggaan yang bertuliskan pasoepati,yach itulah baju yang sudah mempunyai nama yang membuat aku bangga memakainya..tapi apakah aku pasoepati?


Euforia Pasoepati di Manahan (Foto: Babhe Solomania)

Semua bilang “aku ki pasoepati..,aku ki milatan pasoepati..”,yups..kalo seorang langgeng mempunyai 5 jempol akan kuacungkan 5 jempol tersebut buat aku karena memang sudah terbukti,

Tapi tentunya militan dan kesetiaan aku sebagai pasoepati bukan hanya diwujudkan dalam lapangan saja,tentunya didalam organisasi haruslah berimbang,karena pasoepati adalah sebuah wadah organisasi sepak bola khususnya dan olah raga pada umumnya yang ada di kota solo raya.

Satu dasa warsa pasoepati sudah mulai berdiri tegak tapi maaf menurut aku belum bisa berjalan dengan baik, karena apa?

Komunikasi yang belum bisa berjalan dengan baik sesuai relnya.aku melihat banyak yang protes akhir-akhir ini tentang DPP Pasoepati,yang memang setelah kongres kayak suara meriam belanda…dieemm..dieemm,yach aku sendiri juga trenyuh kenapa terjadi seperti ini,sampai aku tergelitik melihat salah satu koment..

“jan..jane ki sopo to presidenne pasoepati saiki..” Tapi tentunya yang harus aku pahami saat ini adalah bahwa memang pasca kongres memnag belum terbentuk DPP sampai sekarang,yang memang selama ini aku melihat hanya beliau seorang wapres aja yang bergerak sendiri untuk menjadi leader di pusat,dan aku yakin beliau mampu dan bisa.

Tapi apakah maksimal..hemm tentunya tidak dan tidak,aku hanya bisa termenung “lah trus piye kie pasoepati..arep digowo neng ndhi?

” mari kita berpikir positif.. dadi pasoepati kui gampang..ning ngurusi pasoepati sing ra gampang,nggak percaya..??Atau siapa yang memberanikan diri untuk mengacungkan jari telunjuk untuk menjadi leader-leader pasoepati?

Bertanyalah pada admin web ini..”gampang to mas gawe web..ning nek ngurusi web lak nganggo ono mumete tho..”,tapi aku yakin mereka (admin)bangga dengan web ini..dan tentunya aku juga

Lah trus piye meneh..yang harus kita lakukan sekarang mari kita duduk bersama..”bukan didunia maya loh..” dan kita berpikir bagaimana roda organisasi ini bisa berjalan dengan baik karena setiap anggota pasoepati mempunyai kewajiban untuk membesarkan pasoepati…


Sigit Omponx dan Pete Sebagai Leader di Tribun

O yah..ngomong-ngomong masalah anggota pasoepati,aku kie anggota pasoepati pow ra yow..??Tentunya aku kuatir kalo ketemu dulur suporter lain kayak the jak,aremania,slemania,panser,snex dsb..

“Bang,sam,lur..aku kie anggota pasoepati loh..!! Dengan bangganya, Nah mereka menjawab..”iyo mas aku percoyo..aku juga anggota suporter loh mas pasoepati..(sambil nunjukin kartu resmi anggotanya atau katanya)

Apa yang ada dalam benakku..xixi mateh soonn..soonnn aku bak’e dudu anggota pasoepati tho..lah ra due kta..xixi banyak yang bilang ra urusan dengan DPP,ra urusan karo korwil pokok’e aku pasoepati.

Semoga kedepannya gak ada ucapan seperti itu kalo pasoepapati ingin maju..”duduk sama tinggi berdiri sama rendah…hehe ( maaf memang sengaja aku balik kosakatanya),siapa yang salah dengan semua ini?

Aku beranikan menjawab..”kita semua yang salah..”,aku butuh kritikan yang membangun kawan walau aku hanya seorng pasoepati ..bukan presiden,wapres ataupun majelis pasoepati.

Persis Solo..tunjukan aksimu..persis solo bantailah musuhmu..lah jane opo to persis solo kui..? Menurut aku, Persis Solo adalah sebuah klub sepak bola kebanggan kota solo walau sekarang sedang menangis,saat ini yang ada hanya keterpurukan,trus kudu piye meneh?

Banyak sekali koment yang tidak mengenakkan kpd managemant dan pebgurus persis solo dg keadaan sekarang ini,yang masalah kekkalah persis disetiap pertandinga,gaji pemain telat bayarnya..dan yang paling parah rumor korupsi ditubuh managemant persis solo, tapi apakah benar rumor korupsi itu terjadi,

Hemm aku nggak berani jawab krena aku nggak punya bukti,kalaupun benar biarlah wakru yang membuka aib itu.t api yang perlu kita sadari bukan permasalah itu yang terus diungkit2,
Skuad Persis Junior dengan Segudang Talenta (Foto: Babhe Solomania)

Tapi bagaimana kedepannya persis solo bisa eksist lagi di kancah persepakbolaan nasional. Banyak sekali saudaraku yang memberi usul untuk kemajuanpersisi solo dr yang swastanisasi, go public, rombak managemant, sampai ada pemikiran..”bagaimana nek pasoepati sing nyekel managementne wae..”,weiss…usulan2 yang sangat menggiurkan,tapi apakah segampang itu..???

Industri sepak bola indonesia berbeda jauh dengan produk manca,sepak bola indonesia adalah proyek yang merugi..yah karena salah system,aku pernah berbincang dg salah satu petinggi persis solo..danditawari..”wani pow pasoepati nyekel managemant persis..??Heheh..aku hanya tersenyum dan bergumam dalam hati..”oalah pak2 aku ngadek weh rung jejek malah mbok kon ngurusi wong liyo…lah nek nombok pow tak tombok’i kathok..xixi..”

Mari kita berpikir secara sadar,logika dan positif,managemant klub2 di indonesia setau aku pasti tombok financial secara pribadi,orang ngurusi bola di indonesia bisa dikatakan orang yang gila,nggak percaya..??

Tanya Bang Zein, pernah punya ikatan dengan pasoepati dan persijatimnya, sayang beliau dulu didepak dari kota solo (bukan melarikan diri) setau aku beliau sudah menawarkan diri untuk marger dengan persis solo tapi ditolak pemkot pada waktu itu,kalo go public gmana? Saham? Bisa sih tapi itu mungkin 15th kedepan,

Lah trus py meneh kie..xixi piya ..piye terusi ik…,sebulan yang lalu aku bertemu salahstu pentolan aremania beliau bilang..”sebenarnya kondisi persis solo dan arema sama mas..podo2 ra due duik blasss…,tapi kita bisa eksist mas,malah arep juara isl”.

Aku hanya bertanay lah ramuane opo sam..kok iso ngono..??(maaf ramuannya nggak bisa sy jelaskan disini kedawan critane,mending ketemu di darat aja..xixi).yang jelas satuka visi dan misi dari semua elemen yang ada dulu sam,kt aremania…

Wis dulu aku sing nulis..maaf kalo ada tutur kata yang salah ini hanyalah sebuah tulisa,yang paling penting adalah mari kita bvenahi jiwa2 yang kosong ini untuk menajdi jiwa2 yang berisi..saetama…

*artikel di tulis oleh L4NG atau langgeng Jatmiko ( Mantan Wapres Pasoepati)


Warning: preg_split(): Unknown modifier 'p' in /home/pasoepat/public_html/wp-content/themes/Detak Terkini/functions.php on line 183

Share :

Baca Juga

Artikel Pembaca

Airmata Seorang Pasoepati Jakarta

Artikel Pembaca

Stadion R.Maladi Merupakan Fondasi Pertama Sepakbola Indonesia

Artikel Pembaca

Antara Prinsip dan Loyalitas

Artikel Pembaca

Anarkisme Tidak Terjadi Begitu Saja

Artikel Pembaca

Sepak Bola Indonesia : Prestasi, Bisnis Atau Politik?

Artikel Pembaca

[SUARA PEMBACA] ANTARA PERSIS SOLO DAN SI SAFETY PLAYER

Artikel Pembaca

Sepakbola dan Kedewasaan Suporter, Refleksi 11 Tahun Pasoepati

Artikel Pembaca

Tarkam Untuk Menyambung Hidup